Monday 14 October 2013

8 Aplikasi Jejaring Sosial Terbaik untuk Android

9 comments


Sosial Media Blogs - Semakin majunya teknologi di planet Bumi, sepertinya semakin membuat nyaman kehidupan yang dijalani. Sehingga kita sebagai insan yang telah dikaruniai keberlimpahan kenikmatan sudah sepatutnya bersyukur dan mengucapkan alhamdulillahirrabil'alamiin. Karena tanpa izin Allah SWT, semua ini tidak akan terjadi.

Saya dapat mengatakan bahwa teknologi di planet bumi semakin maju karena saya rasa sudah banyak kemudahan yang telah diberikan manusia untuk dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya serta mudahnya dalam akses informasi. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang 8 Aplikasi Messenger Terbaik untuk Android, berdasarkan beberapa referensi yang saya baca.

1. WhatApps
Tampilan WhatsApp
Banyak yang beranggapan kalo aplikasi WhatApps ini termasuk salah satu aplikasi wajib bagi pengguna Android. Cross-platform lah yang menjadikan WhatsApp ini menjadi pilihan penggunanya, karena WhatsApp ini menjangkau hampir semua pengguna Smartphone seperti Android, IPhone, Blackberry, atau Windows Phone. Kepraktisan yang ditawarkan pun menjadikan WhatsApp semakin juara. Kita tak perlu melakukan add/invite contact ke WhatsApp karena aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi contact nomer telpon di Android kamu dan akan memasukkan pengguna yang memasang aplikasi WhatsApp di WhatsApp Contact. Hal ini bisa terjadi karena whatApps menggunakan ID nomer telpon, bukan PIN atau yang lainnya.
Secara tampilan aplikasi ini sangat simple, namun secara fitur aplikasi ini luar biasa sebut saja fitur-fitur pendukung seperti GroupChat, Fitur send picture, audio, video, contact, dan juga Map Location membuat aplikasi ini semakin keren. Satu lagi load ringan dan stabil membuat aplikasi ini menjadi salah satu IM terbaik di Android untuk saat ini.

2. Line
Tampilan Line
Tidak jauh beda dengan WhatsApp aplikasi ini juga menggunakan Nomer Handphone sebagai ID-usernya, model Chatnya pun hampir sama, kamu bisa melakukan Personal Chat ataupun membuat Group Chat untuk conversation chat berjamaah. Pada Line ini terdapat fitur Voice Call yang dapat kamu gunakan untuk menelpon temen Line kamu. Namun tentu saja kamu harus mempunyai koneksi yang joss untuk melakukan Voice Call ini, kalo koneksi kamu ngga joss ya suaranya ngga jelas bahkan mungkin akan terputus dengan sendirinya.
Yang spesial dari Line ini adalah fiturnya yang bisa dikatakan lebih canggih daripada IM lainnya, fitur canggih itu misalnya add friend hanya dengan men-shake atau menggoyang-nggoyangkan device secara bersamaan dengan teman yang akan kamu invite, dan disaat itu secara otomatis contact temen kamu akan dimasukkan kedalam contact Line. Barcode Scan juga terdapat pada aplikasi ini untuk meng-invite contact lain.
Kelebihannya, Line menyediakan banyak pilihan Emoticon yang disebut Sticker, entah kenapa aplikasi ini membuat nama kategori sendiri untuk IM Smiley. Yang jelas sticker yang lucu-lucu dan unyu-unyu nggilani ini akan membuatmu betah menggunakan Line, bahkan mungkin kamu hanya akan melakukan send Sticker aja daripada melakukan Chat.
Kekurangannya, aplikasi ini sering ada delay ketika digunakan, jadi menjadi kurang yahud terutama untuk komunikasi yang sifatnya mendesak.

3. WeChat
Tampilan Wechat
Sama dengan kedua aplikasi IM diatas, WeChat juga menggunakan nomer telepon sebagai ID. Kelebihannya, aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur didalamnya. WeChat ini selain di desain untuk sekedar Instant Messanger sepertinya didesain juga untuk menjadi semacam social media baru. sedikit aneh, tapi kenyataannya WeChat mampu menghadirkan gaya komunikasi baru yang belum ada duanya.
Aplikasi ini selain bisa chating kita juga bisa menggunakan menu Social yang di dalamnya terdapat fitur Moments yang bentuknya mirip-mirip dengan Path, pada bagian Moments ini kamu dapat meng-upload foto, menge-like foto dan sekaligus memberikan komentar ke foto-foto yang di upload oleh teman kamu yang sudah ada di list WeChat. Ngga tanggung-tanggun di bagian Upload Photo inipun terdapat fitur Photo Filter yang mirip kaya Instagram, dengan Photo Filter ini kamu dapat mengedit tampilan foto sesuai dengan keinginan kamu.
Dan masih bejibun lagi fitur pada aplikasi ini, yang kalo dibahas disini bisa gak kelar-kelar. Sayangnya dengan fitur seperti diatas, membuat aplikasi ini jadi berat dan lumayan besar sekitar 10MB. Menilik dari segi efisiensi aplikasi WeChat sebagai IM juga jadi kurang, karena fitur-fiturnya bisa membuat pengguna menjadi kurang fokus.

4. KakaoTalk
Tampilan KakaoTalk
KakaoTalk menempati posisi ke empat, masih sama dengan aplikasi chatting android yang lain terdapat fitur obrolan, panggilan gratis, chat room, animasi emoticon, stiker dan tema ini yang mungkin membuat kakaotalk menjadi lebih unik dibandingkan dengan aplikasi chat yang lain. Menurut data yang diambil dari KakaoTalk penggunanya sudah 90 juta pengguna di seluruh dunia karena aplikasi ini bisa digunakan juga di iOS, BlackBerry, Windows OS, Bada dan untuk kelebihan lain ada juga aplikasi game dari KakaoTalk dan kita juga bisa berkenalan dengan artis K-Pop dan artis lokal juga yang memiliki akun KakaoTalk.
......

5. Viber
Tampilan Viber
Satu pilihan lain untuk IM adalah aplikasi Viber ini. Salah satu aplikasi IM yang bisa buat voice call, aplikasi yang udah punya pengguna lebih dari 40 juta di seluruh dunia ini mengklaim punya fitur VOIP (Voice Over Internet Protocol) yang ciamik. Suaranya sebening embun pagi mungkin ya.
Fitur yang diandalkan Viber emang voice call-nya kalo kita punya koneksi tingkat dewa bisa dapet HD sound quality yang katanya jauh lebih enak didenger daripada suara telpon konvensional. Nah ini yang jadi masalah buat pengguna di Indonesia, secara kita tau kualitas koneksi internet belum mumpuni kayak punya orang-orang bule nan jauh di sana. Kalo mau menikmati telpon dengan suara HD mesti nyati hotspot yang kenceng dulu, itu aja lawan telponnya juga harus pake koneksi kenceng juga. Viber juga bisa buat ngirim foto lewat messenger.
Sama kayak aplikasi IM di Android lainnya, kontak yang dipake adalah kontak handphone, tanda pengenalnya nomor HP. Misalnya udah ada temen di kontak yang udah pake Viber maka temen kamu itu otomatis masuk ke dalam kontak Viber.

6. Cubie Messenger
Tampilan Cubie Messenger
Rekomendasi aplikasi IM terakhir adalah Cubie messenger. Secara umum fitur yang ada pada aplikasi nggak jauh beda dengan apa yang ada di Line, selain teks juga ada fitur stiker buat kirim gambar gambar lucu, juga ada voice note, smiley, musik, gambar dan lain-lain selayaknya aplikasi messenger. Kelebihannya dengan aplikasi messenger ini kita bisa share langsung coretan atau gambar yang kita bikin sendiri. Berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya pada Cubie Messenger ini kita harus generate PIN dulu sebagai ID, agak repot sih tapi lebih aman untuk membatasi privacy. Satu kekurangan lagi, dengan fitur yang seabrek membuat aplikasi jadi lumayan berat.

7. Tapatalk Forum App ($3)
Tampilan TapaTalk Forum
Walaupun aplikasi android yang satu ini tidak gratis ($ 3) namun Tapatalk Forum App dinilai merupakan salah satu aplikasi terbaik yang tersedia. Tapatalk Forum App didesain untuk browsing didalam forum dengan tampilan yang mudah dinavigasi. Tapatalk Forum App juga membuat akses kesetiap halaman di frum lebih cepat dibanding dengan kita membuka forum melalui web browser. Aplikasi android ini akan mengatur kategori dalam forum dengan rapih, mudah di ‘search’ dan seluruh fitur forum tetap tersedia. Tapatalk mensupport ribuan forum yang popular, sehingga kemungkinan besar apapun forum yang ingin Anda jelajahi Tapatalk menyediakannya.

8. imo messenger (free)
Tampilan imo messenger
Apakah Anda sering mencoba untuk memberitahu teman atau keluarga untuk memakai fasilitas chatting yang sama seperti yang Anda pakai? Tampaknya hal tersebut mustahil, tiap orang pasti memiliki aplikasi chatting favoritnya sendiri-sendiri. IMO Messenger menjembatani hampir seluruh aplikasi chatting tersebut! IMO mendukung semua kontak Anda yang ada di Facebook, Skype, Yahoo dan lain-lain dan Anda dapat chatting dengannya. Tidak perlu lagi mencari dimana Anda bisa mengkontak teman Anda, semuanya ada di IMO Messenger. IMO dirancang dengan desain yang mudah dinavigasi dan interface yang berpenampilan canggih.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, saya pribadi mohon maaf jika ada informasi atau penulisan yang salah, atau segala hal yang kurang berkenan di hati pembaca yang budiman. Segala bentuk koreksi dari pembaca yang budiman adalah masukan dan penghargaan bagi saya... Segala bentuk kelebihan datangnya dari Allah SWT,
Wallahu a'alam bishawab... Semoga Bermanfaat...


Referensi : VivaForum, Aplikanologi, Lazada Blog

Ditulis Oleh : Anonymous

Jazakumullahu khairan katsiiraa. Terimakasih atas kunjungan Pembaca yang budiman karena telah membaca artikel 8 Aplikasi Jejaring Sosial Terbaik untuk Android. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel 8 Aplikasi Jejaring Sosial Terbaik untuk Android ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Salam Blogger! :)
Comments
9 Comments

9 comments:

  1. wah, Aplikasi yg saya punya cuma WeChat dari semua aplikasi di atas. Dan itu pun jarang dibuka XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mending punya salah satu aplikasi di atas, ane malah ga punya sama sekali... .rofl.

      Delete
    2. Gak punya android atau sejenisnya... :D

      Delete
  2. ini juga keren bro http://gempurjawa.esy.es/

    ReplyDelete
  3. Dari 8 aplikasi yang dijelasin diatas saya cuma pake Line, terlalu banyak apps di HP membuatnya jadi lemot, btw terima kasih mas atas ulasannya :)

    ReplyDelete
  4. keren gan, mau segera saya download di android saya. terimakasih ya

    ReplyDelete
  5. klik link ini untuk gabung ke grup chat meme/berita/politik/humor/lowongan kerja => https://invite.viber.com/?g=S-u1pLBWakiwAXzxH1ch89ZoQeyeT-LZ

    ada di android dan iphone

    agar link nya bekerja, pastikan anda pakai versi terbaru (download dulu VIBER MESSENGER dari playstore kalo belum punya), pastikan save nomor pengirim link ini

    kedalam kontak hape anda (dikasi nama), dan pastikan klik link nya dari hape atau tablet, bukan dari desktop pc atau notebook


    TATA TERTIB GRUP SANTAI SEJENAK

    gak boleh debat kusir (ngeyel), maki maki, merendahkan postingan member lain, atau ngatain member lain di grup ini

    gak boleh japri / video call / nelpon ke member grup ini, termasuk ke admin

    dilarang ngepost file audio

    ini bukan grup bokep, jadi jangan kirim bokep disini

    dilarang nyampah disini

    cuma boleh pakai bahasa inggris atau indonesia saja disini

    dilarang ngemis ngemis minta sesuatu di grup

    jika anda member grup ini, anda juga bisa add sendiri teman anda tanpa harus minta minta sama admin

    setelah beberapa waktu, link diatas otomatis tidak akan berlaku, silahkan PM TS untuk dapat link terbaru

    ReplyDelete

Komentarlah dengan Bijak dan Santun

.