Thursday 10 October 2013

Agar Facebook Kita Selamat dari Hacker/Pembajak

Leave a Comment

Sosial Media Blogs - Dapat dianalogikan bahwa akun Facebook kita adalah diri kita di dunia maya, aktivitas kita di facebook juga akan berpengaruh besar pada kehidupan kita di dunia nyata. Misalnya saja, citra kita sebagai seorang laki-laki yang menjaga ucapan, ramah, sopan, atau yang lainnya. Selain itu citra positif lainnya mungkin dapat luntur lantaran akun FB kita di-hack oleh orang yang tidak bertanggungjawab, entah hanya karena sekedar iseng atau kesal kepada kita atau alasan-alasan lainnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak pembaca yang budiman untuk menjaga akun kalian Agar Facebook Kita Selamat dari Hacker/Pembajak. Beberapa hal yang harus kita perhatikan, diantaranya yaitu:

1. Profil
Jangan menampilkan seluruh informasi profil anda, diantaranya dalam Basic Information, Personal Information dan Contact Information, terutama Email Address, IM Screen dan Website. (Termasuk di dalam Group yang anda buat).

2. Alamat Email
Disarankan alamat email tidak ditampilkan pada profil anda. Caranya: Pilih Settings lalu klik Privacy Settings, lalu pilih menu Profile, kemudian pilih Contact Information, kemudian di drop down menu IM Screen Name dan Email Screen Name di ubah menjadi “no one“.

3. Password
Untuk password disarankan tidak sama dengan password email, dan minimal 10 karakter (numerik dan alphanumerik). Contoh: webku456987oke. Kenapa password harus seperti itu?, karena dengan format seperti itu akan mempersulit si pembajak untuk mengacak password anda dan jangan sekali-kali anda memakai password tanggal lahir.
4. Website
Inilah cara yang ketiga oleh si pembajak lakukan guna mencari alamat email anda, karena jika anda menyertakan alamat website pribadi anda seperti Multiply, Blogger, WordPress, Friendster, Twitter, Plurk dan yang lainnya, si pembajak sangat pintar dan banyak akal untuk mencari email anda. Untuk itu jika anda memiliki website dan menyertakannya di Facebook harap jangan menampilkan alamat email di website pribadi anda.

5. Periksa selalu privacy setting di facebook
Ini sangat penting, karena disini tempat mengatur siapa saja yg bisa melihat facebook kita, apa yang di tampilkan di profile kita. dan banyak lagi. telitilah dengan seksama.

6. Buat data profile palsu
Bagi kamu yang suka bermain game atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga lainnya di facebook. Gak ada ruginya buat facebook baru khusus untuk menggunakan aplikasi, karena ketika kita masuk kesuatu aplikasi ini bearti kita bersedia memberikan informasi pribadi kita ke pihak ketiga tersebut.

7. Jangan sampai kelepasan dalam mengupdate status.
Ini juga sangat penting, perlu di ingat ketika kita mengupdate status teman kita di facebook akan bisa membaca. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam mengupdate status jangan sampai mengupdate sesuatu yang bisa berdampak negatif pada diri kita.

8. Bermain aman di warnet
Jika Anda membuka facebook di warnet silahkan anda gunakan Notepad dan kalkulator sebagai pengganti virtual key (mencegah hacker yang menggunakan keyloger sebagai media pencurian password)
Caranya:
- Jika password Anda menggunakan angka (0-9)
- Misal password Anda adalah: 17081945
- Pada aplikasi kalkulator silahkan Anda klik angka dengan menggunakan mouse anda (karena pergerakan - - Mouse tidak akan ter-record oleh keyloger)
- Kemudian Copy Paste di bagian password.
- Paduan antara angka (0-9), huruf (a-z) dan karakter (!@#$%^ dan seterusnya)
- Silahkan Anda ketikkan key huruf yang ada pada notepad secara acak. Kemudian copas hanya huruf-angka-dan-simbol yg anda pakai sebagai password, ke bagian password.
9. Tutup Akun Anda
Selalu ingat untuk menutup (sign out) akun anda setiap kali anda akan meninggalkan warnet.
Kemudian disarankan untuk menghapus cache/clear private data pada browser yang anda gunakan.
Terakhir Pastikan anda bermain facebook, di warnet yang aman dari para hacker dan menjamin bahwa warnet tersebut tidak memiliki spyware/programhack yang bisa dipakai untuk menghack akun anda

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, saya pribadi mohon maaf jika ada informasi atau penulisan yang salah, atau segala hal yang kurang berkenan di hati pembaca yang budiman. Segala bentuk koreksi dari pembaca yang budiman adalah masukan dan penghargaan bagi saya... Segala bentuk kelebihan datangnya dari Allah SWT,
Wallahu a'alam bishawab... Semoga Bermanfaat...

Sumber : Info Agar FB Kamu Aman dari Hacker

Ditulis Oleh : Unknown

Jazakumullahu khairan katsiiraa. Terimakasih atas kunjungan Pembaca yang budiman karena telah membaca artikel Agar Facebook Kita Selamat dari Hacker/Pembajak. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Agar Facebook Kita Selamat dari Hacker/Pembajak ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Salam Blogger! :)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan Bijak dan Santun

.