Tuesday 8 October 2013

Mengenal Google Plus dan Fitur-Fiturnya

1 comment

Untuk para penggila jejaring sosial pasti nama Google Plus atau G+ sudah tidak asing lagi, untuk yang belum tahu apa itu G+ sebaiknya segera cari tau dulu ya atau bisa melihat artikel saya terdahulu Media Sosial Google+, Pas untuk Blogger.
Hal yang pertama kali orang lakukan dalam sebuah situs jejaring sosial pastinya adalah mengekplorasi isi dan fitur yang disediakan di dalamnya, bingung dan kikuk sudah pasti mengghingapi ketika menemukan sesuatu yang baru tapi belum tahu cara menggunakannya, oleh karena itu mari kita belajar menggunakan fitur-fitur yang ada dalam Google Plus.

Shortcuts
Dengan menggunakan shortcuts yang tersedia maka aktifitas kamu bisa jadi lebih cepat kalau mau silahkan coba beberapa triknya
J = Scroll ke bawah
K = Scroll ke atas
Enter = Memulai komen
_teks kamu_= Membuat huruf menjadi italic
@username = Mention teman kamu dalam komen atau share


Fitur Google Plus
Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn. Cara Google+ menampilkan pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca, dan link ke posting juga mirip dengan "Pemberitahuan" di Facebook. Selain itu, fitur di g+ sepertinya merupakan gabungan dari berbagai jejaring sosial yang da, seperti adanya hashtag, mention, pemberitahuan, komentar, dll.

Circles
Yang satu ini sebetulnya buka fitur yang aneh, pada dasarnya fungsi dari circles sama seperti daftar teman dalam jejaring sosial lainnya seperti Facebook, tapi yang mencuri perhatian saya adalah adanya kategori yang membuat kita lebih mudah memisahkannya.
Drag ke bawah (kategori) untuk menambah ke kategori yang ada


Photos
Fitur semacam ini pasti sudah banyak dan tidak asing lagi, cara kerjanya mudah dan memiliki fungsi hampir sama seperti fitur foto di Facebook mulai dari upload, tagging hingga komen. Satu lagi yang saya suka dari fitur ini yaitu kita dapat memutar (rotate) image atau gambar yang kita upload tersebut.




Hangouts
JIka saya terjemahkan kurang lebih artinya sama dengan "nongkrong", lalu apa kegunaan fitur ini? fitur hangouts ini berfungsi sebagai alat video chatting dengan teman-teman kamu yang ada dalam circles pada saat bersamaan. Jika kamu termasuk penggila video chatting pastikan kamu sudah merapika gaya dan muka kamu terlebih dahulu wwkwkwkw.



Sparks
Fitur ini hanyalah sekumpulan feed dari situs-situs yang bisa kamu pilih sesuai kategori yang kamu sukai, saya tidak begitu menyukainya karena saya kurang ada waktu untuk membacanya dan hanya akan menjadi sampah di stream (sebutan wall untuk G+) saya nantinya.



Huddle
Ini adalah fitur yang memungkinkan kita melakukan group chat dengan teman-teman, tapi yang membuat saya bingung adalah bagaimana cara ber "huddle" ria hehehe karena saya belum bisa menemukan tombol atau linknya, tapi beberapa teman bilang bahwa fungsi ini bisa dinikmati hanya lewat handset Android,

GamesIni adalah fitur yang wajib dimiliki jejaring sosial hehehe dan Google pun mencermatinya dengan memasukan fitur ini. Beberapa games sudah bisa kamu mainkan melalui G+ diantaranya adalah Angry Birds





Sudah selesai kenalan sama Google Plus sekarang waktunya Go and Action, menurut hemat saya, Google+ mempunyai satu kelebihan yaitu dalam hal "kategori" sehingga semua aktifitas kita di dalamnya dapat mudah diorganisir dari mulai share dan lain-lain, selain itu terintegrasinya dengan blogger, memudahkan kita untuk promosi dengan blog kita

Ditulis Oleh : Unknown

Jazakumullahu khairan katsiiraa. Terimakasih atas kunjungan Pembaca yang budiman karena telah membaca artikel Mengenal Google Plus dan Fitur-Fiturnya. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Mengenal Google Plus dan Fitur-Fiturnya ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Salam Blogger! :)
Comments
1 Comments

1 comment:

Komentarlah dengan Bijak dan Santun

.