Saturday 19 October 2013

Tips Agar Upload Foto di Jejaring Sosial lebih Cepat

1 comment

app-resizeme-512Sebagai orang yang up to date, dalam dunia jejaring sosial sepertinya upload foto sudah menjadi kebutuhan bagi kita. Namun, akan menjadi sebuah kendala ketika kita akan upload foto dokumentasi kegiatan karena banyaknya foto yang akan kita upload. Tentu resiko yang akan kita alami adalah upload foto akan memakan waktu lama dan membuat kita menjadi menunggu yang membosankan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan sedikit tips agar kita lebih cepat dalam proses upload foto. Caranya sederhana, yaitu sebelum kita upload foto tersebut, silahkan di-resize terlebih dahulu ukuran foto tersebut, yaitu merubah ukuran foto tanpa merusak kualitas piksel dari foto tersebut, sehingga kualitas foto tetap bagus namun ukurannya lebih kecil. Selain itu, situs-situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter sepertinya akan otomatis meresize foto kita sehingga hasilnya pun akan sama saja. Jika rekomendasi dari saya, resize ukuran foto ke ukuran rentang 1000-1200 px, rasionya menyesuaikan dengan ukuran foto. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara resize foto, silahkan simak penjelasan saya berikut ini.

 

Cara Resize Satu Foto Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

1. Buka Gambar yang akan Anda resize, yaitu klik kanan pada gambar dan pilih Open With, pilih Microsoft Office Picture Manager (Anda harus memiliki office 2010)

2. Pada menubar, pilih picture dan klik Resize

image

3. Lihat pada sisi sebelah kanan, terdapat beberapa opsi resize, jika ingin cepat, saya lebih suka Precentage of original width x height, kita cukup memasukkan berapa persen ukuran foto dari foto aslinya, maka akan muncul langsung di bawahnya New Size. Biasanya saya menggunakan 27%.

image

4. Jika sudah, klik OK dan save as, klik File dan pilih Save As, beri nama baru file nya.

 

Cara Resize / Merubah Ukuran Foto secara Massal Menggunakan Fastone Photo Resizer

1. Silahkan Anda download terlebih dahulu softwarenya sengan cari di google, nama softwarenya “Fastone Photo Resizer”.

2. Install dan buka software tersebut.

3. Drag folder foto yang akan diresize ke bagian Input List di bagian sisi kanan program.

image

4. Jika Anda ingin meletakkan hasilnya di folder yang sama, silahkan tanda centang pada Output Folder dihilangkan, jika ingin meletakkan di folder lain, silahkan klik Browse.

5. Kemudian pada Use Advanced Option ( Resize …. ) klik Advanced Options, dan untuk meresize, centang Resize dan pilih cara resizenya, kalau saya biasanya menggunakan in Pixels karena lebih praktis. Pada <Pick Standard Size> pilih ukuran yang diinginkan, kalau saya menggunakan ukuran 1200 x 900.

image 

6. Fitur-fitur lainnya silahkan dipelajari sendiri, klik OK.

7. Klik Convert, maka akan muncul jendela baru dan proses resize foto pun berjalan.

8. Tunggu hingga selesai.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Kepada Allah saya memohon ampun. Wallahu a’lam bish shawab. Semoga Bermanfaat.

Ditulis Oleh : Anonymous

Jazakumullahu khairan katsiiraa. Terimakasih atas kunjungan Pembaca yang budiman karena telah membaca artikel Tips Agar Upload Foto di Jejaring Sosial lebih Cepat. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Tips Agar Upload Foto di Jejaring Sosial lebih Cepat ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Salam Blogger! :)
Comments
1 Comments

1 comment:

Komentarlah dengan Bijak dan Santun

.